1.PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN DAN TIDAK
MENGGUNAKAN ORIENTASI PASAR
Contoh perusahaan
yang berorientasi pasar adalah
- PT Pelabuhan Indonesia III
- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
- PT Semen Indonesia Tbk
- PT Gudang Garam Tbk
- Unilever
- PT Anugrah Lever
- PT Technopia Lever
- PT Knorr Indonesia.
- PT Hanjaya Mandala Sampoerna
Contoh perusahaan
yang tidak berorientasi pada pasar adalah
•
ITO
(International Trade Organization) atau WTO (World Trade Organization)
•
FAO
(Food and Agricultural Organization)
•
ILO
(International Labour Organization)
•
GATT
(General Egreement on Tariff and Trade)
•
IFC
(International Finance Corporation)
•
UNDP
(United Nations Development Program)
2. ORIENTASI PASAR ATAU TIDAK MENGGUNAKAN
ORIENTASI PASAR, MANA YANG BERHASIL DALAM JANGKA PANJANG ?
Menurut saya
melakukan orientasi pasar akan berhasil dalam jangka panjang karena dalam
orientasi pasar perlu pengetahuan tentang jenis pasar yang akan dimasuki,
termasuk dalam karakteristiknya. Dengan demikian suatu perusahaan dapat
mengetahui arah yang jelas tentang orientasi pasar dari produk yang
dihasilkan.orientasi pasar juga penting bagi kelangsungan suatu perusahaan karena sejalan dengan
meningkatnya pesaing global.
3.PERUSAHAAN MENERAPKAN
CRM KARENA,…
Karena pada zaman
ini perkembangan teknologi berkembang sangat pesat , oleh karena itu pengusaha
harus menerapkan CRM (Customer Relationship Management) agar perusahaan
berkonsentrasi menjaga pelanggannya agar tidak lari ke pesaing lain dengan
mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan , baik itu menggunakan
telepon,email,masukan disitus atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan
marketing demi mencapai pertumbuhan perusahaan yang sehat.
SUMBER-SUMBER
(SENIN 27
NOV 2017 PUKUL 09:30)
(SENIN 27
NOV 2017 PUKUL 09:45)
(MINGGU 26
NOV 2017 PUKUL 18:45)
(MINGGU 26
NOV 2017 PUKUL 19:10)
Komentar
Posting Komentar